Senin, 11 Januari 2016

Obrolan Asik tentang gojek (lagi)

Bagi yang berkeluarga, mungkin sering mengalami harus extra berusaha untuk menjaga komunikasi  dengan partner seumur hidup alias suami/istri berjalan baik agar rumah tangga berjalan baik di tengah kesibukan kerja. Adem ayem kan tidak selalu ya, jadi komunikasi sangat penting untuk dijaga. Jadilah hari itu, minggu pagi disela-sela tugas setrikaan yang menumpuk saya ngobrol dengan suami. Kami selalu ngobrol tentang apa saja, termasuk fenomena di sekeliling kami. Ngobrol kali ini bukan tentang masa depan keluarga, tapi tentang masa depan gojek.  Kami sama-sama menyukai yang dibilang "karya anak bangsa" ini. Obrolan ini kemudian berubah menjadi ikut memberikan solusi untuk gojek agar bisa tetap untung tanpa menaikkan harga gojek terlalu tinggi kemudian ditinggalkan pelanggannya.


Papa : "Ma, sekarang customer mulai ngeluh lho karena gojek udah nggak promo lagi. Nih, aku baru baca di sosmed ada yang bilang "Hari ini dapet kado istimewa dari gojek. biasanya ke kantor biaya 30 ribu, sekarang pulang kantor kena bayar 74.000, Terima kasih gojek, kalau gini ane bisa bangkrut. Malah ada comment kalau dia udah menghapus aplikasi gojek dari ponselnya. Akhirnya orang mulai naik metromini lagi deh."

Mama : "Wah driver gojek makin susah dong ya. Customer pasti berkurang banget."

Papa   : (Papa meneruskan membaca kabar terkini) "Tul, Ma. Nih driver gojek ada yang bilang, sudah nunggu 2-3 jam belum juga dapet customer. Biasanya dulu nunggu 2-3 jam udah dapet 2 customer."

Mama : "Bener kan pa. Waktu itu aku nulis juga di blog kalau driver gojek makin susah. Karena jumlah drivernya udah kebayakan. Bayangin, 200ribuan orang, menggantungkan pendapatannya sama gojek. Beda sama Grab bike yang ngejaga jumlah drivernya supaya nggak seabrek-abrek."

Papa : "Wah kalau gini gojek harus pikirkan cara lain supaya bisa make money tanpa membuat harga gojek melambung. Karena yang rugi driver mereka sendiri ketika customer berkurang."

Mama : "Waktu itu aku tulis di blog pa, kerja sama dengan semua online shop menurutku masih menjadi solusi supaya driver tidak idle. Dibandingkan kerjasama dengan restoran untuk delivery makanan atau belanja. Berapa orang sih yang pesen makan di restoran atau go mart. Yang aku lihat malah online shop kecil rumahan dll itu kirim barang setiap hari. Kalau bisa kasih harga khusus buat mereka bikin paket selama 6 bulan atau 1 tahun berlangganan, tentu banyak yang mau deliver barang."

Papa : "Nah masih ada potensi lain Ma. Gojek harus mengefektifkan lagi pendapatan dari iklan. Misalnya di jaket driver gojek itu di pasang iklan."

Mama : "Kayak seragam formula one ya Pa."

Papa   :  "Betul Ma. Itu di seragam mereka, atau di motor box, mobil box atau di helm, kan bisa saja dikasih stiker iklan untuk perusahaan lain yang berpromosi. Iklan di baju ini bisa jadi insentif buat driver. misalnya kalau jaketnya diiklanin, mereka dapat berapa persen atau dapat fee nya. Driver pasti semangat bertahan di Gojek. Pendapatan iklan ini banyak modifikasinya kan Ma."

Mama : "Betul juga ya pa, aku rasa gojek sudah nggak perlu mengiklankan companynya lagi, semua orang kan udah tahu ya. Brandingnya udah kuat. Tinggal kalau harganya murah, orang pasti pake kok. Soal iklan, setiap kita buka aplikasi even video editor, itu banyak iklan di dalamnya yang bisa di klik. Kayaknya banyak aplikasi yang memasang iklan di dalamnya." 

Papa : "Nah bisa saja kan setiap kita membuka aplikasi gojek itu ada iklan yang muncul. Customer mah nggak peduli ada iklan yang diklik, yang penting low cost."

Mama : "Bisa juga seperti WA kali ya pa. Waktu itu, kita sempet harus bayar kan untuk update wa. Aku rasa mungkin secara rutin aplikasinya di update, trus customer kepotong pulsa mungkin 5ribu atau berapalah, kan nggak papa ya. Yang penting dikomunikasikan ke customer tentang hal ini, semacam building understanding supaya customer nggak komplain. Tapi dampaknya, perusahaan punya penghasilan tambahan."

Papa : "Atau seperti Adaro yang terintegrasi dari tambang sampai listrik, coba dibuat integrated company. Misalnya mereka bikin perusahaan asuransi sendiri. Nah kan lumayan, duitnya muter-muter juga kesitu."

Mama : "Seperti MNC, mereka punya MNC life, MNC Bank. Mungkin lebih baik bikin investment company saja pa. Dari investment company ini, pasti duitnya bisa diputerin, entah ke asuransi. Yang pasti kalau integrated, dilihat kebutuhan operasional apa, itu yang diprovide sendiri oleh perusahaan. Seperti mereka butuh asuransi, butuh bengkel, butuh pom bensin, dll. Nah lebih enak masuknya kalau ada investment company kan, bisa diputerin ke pasar modal juga."

Papa : "Nah kalau pom bensin, bisa juga kan, khusus buat gojek driver nanti dapat poin setiap beli bensin, trus klo udah berapa poin bisa dapet bensin free. Kan lumayan, jadi benefit buat driver. Trus soal asuransi, mungkin awalnya perusahaan asuransi ini untuk Gojek driver, tapi ke depan bisa aja kan menyasar ke menengah ke bawah. Pasar asuransi di Indonesia terutama untuk kalangan bawah masih luas untuk digarap."

Mama : "Bener juga pa. Intinya kalau integrated, duitnya muter di perusahaan sendiri. Dan kalau ada investment company mungkin lebih mudah membiayai bisnisnya, atau menarik investor. Atau at least duit dari investor bisa dibiakkan lewat cabang-cabang bisnis itu. 

Papa : "Betul. Kalau sudah berkembang kan bisa IPO. Lha kedepan semua perusahaan arahnya IPO. Pasti lebih menarik bisnisnya kalau integrated. Ini kalau perusahaan berpikir long term ya bukan cuma bisnis aja. Tapi mikirin kelangsungan masa depan drivernya."

Mama : "Orang kalau beranjak dari social entrepreneur mungkin nggak sampai ada gejolak di karyawannya Pa. Karena semua langkah pengembangan bisnis memikirkan aspek socialnya. (disini tiba-tiba jadi ingat triple bottom line untuk keberlanjutan bisnis.Kalau bisnis mau berkelanjutan harus memperhatikan 3 hal : people (aspek karyawan dan masyarakat), planet (aspek lingkungan), dan profit.)

Papa : Tapi nggak tahu ya, Nadiem itu orang social entrepreneur bukan. Apakah memikirkan profit aja, pengembangan bisnis terus, nambah karyawan banyak supaya pemasukan nambah atau mau memikirkan masa depan gojek driver. Contohnya dengan harga naik aja, jumlah customer berkurang, kedepan gimana nasib driver kalau gini terus. Jadi kan perusahaan perlu menjaga harga naik gojek supaya bisa tetap rendah, yang penting order banyak."

Mama : "Coba bayangin pa, kalau transportasi di Jakarta udah bagus, itu mungkin gojek jadi feeder aja dari lokasi stasiun transportasi masal."

Papa  : "Hm.. bisa jadi ma, soalnya mau gimana lagi drivernya, orang kan banyak pake transportasi umum nanti kalau udah bagus. Contohnya tadi yang aku baca di forum, mereka mulai naik metromini lagi karena harga gojek udah mahal. Solusinya mereka berangkat lebih pagi aja biar nggak kena macet."

Mama : Nah kan, itu ancaman 5 tahun lagi udah keliatan. Berarti harus segera dipikirkan business developmentnya mau seperti apa. Nggak kayak sekarang kalau menurutku pa. Jumlah driver gojek membludak. Mungkin  perencanaan tenaga kerjanya dipikirkan lagi sebelum merekrut masal. Mungkin waktu itu karena developmentnya dengan adanya go mart, go box, salon, cleaning, dll. Tapi apakah itu efektif ? Coba direview berapa driver yang terserap di unit bisnis itu.

Papa : "Atau bisa juga ma, harusnya untuk perencanaan tenaga kerja bikin research dulu. Misalnya harga naik sekian. Kira-kira jumlah order yang masuk berapa. Terus dibandingkan ke level harga yang lebih tinggi lagi atau harga normal. Ya kalau bedanya signifikan kan berarti tidak perlu merekrut karyawan sebanyak itu pada level harga normal. Karena percuma, karyawan bertambah, order malah berkurang, dan banyak yang idle."

Mama : "Seperti Grab pa, mereka sangat membatasi jumlah karyawannya, agar karyawan tidak dirugikan."
Better semua based on research dulu memang. Baru dipikirkan langkah selanjutnya. Atau bisnis pake skenario what if. "Kalau suatu keadaan begini, harus gimana. Bikin assesment keadaan what if lagi terjadi, langkahnya apa. Bisnis sekarang sangat dinamis pa."
(Disini tiba-tiba jadi teringat migas. Sekarang kalau harga minyak dibawah $30 per barrel, apa langkah perusahaan migas untuk survive? Cutting jobs di mana-mana pasti terjadi. Nggak salah kalau di sebuah forum mengutip sebuah online news yang memberitakan kalau menurut George Soros, krisis dunia saat ini mirip krisis tahun 98. Mau nggak mau skenario what if dilakukan, karena bisnis bisa saja tergoncang terkena dampak volatilitas di sekelilingnya)

Papa : Sepertinya langkah yang mudah, cari pendapatan dari iklan ya Ma. Setiap membuka ada aplikasi ada iklannya, orang pasti bacalah. Nah, potensi iklan dari sini pasti besar, ya."

Pembicaraan asik itupun selesai bersamaan baju-baju selesai disetrika. #nasibibubekerjanggakpunyapembantu .










6 komentar:

Lady Mia mengatakan...

KABAR BAIK!!!

Nama saya Mia.S. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 JUTA) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena aku berjanji padanya bahwa aku akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apapun, silahkan hubungi dia melalui emailnya: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya ladymia383@gmail.com dan miss Sety yang saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia dia juga mendapat pinjaman dari Ibu Cynthia baru Anda juga dapat menghubungi dia melalui email nya: arissetymin@gmail.com Sekarang, semua yang saya lakukan adalah mencoba untuk bertemu dengan pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening bulanan.

Indriaty Manirjo mengatakan...

Syukur kepada Allah yang maha kuasa untuk memberi saya kesempatan ini untuk berbagi kesaksian saya, saya Mrs. Indriaty Manirjo, yang Anda cari pinjaman? Saya ingin membawa ini ke semua pemberitahuan pinjaman untuk berhati-hati, karena begitu banyak perusahaan pinjaman palsu di internet. Saya telah menjadi korban dari sebuah perusahaan pinjaman palsu 4, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan pinjaman palsu yang saya kemudian mengetahui mereka adalah scam. Pada proses yang saya ditangkap oleh orang-orang yang saya berhutang kepada karena saya tidak bisa bertemu untuk kali saya berjanji untuk membayar dan saya ditangkap. Aku baru saja keluar dari penjara, ketika saya bertemu dengan seorang teman yang intoroduce saya untuk pemberi pinjaman kredit karena dia meyakinkan saya bahwa dia mendapat yang pinjaman dari dia yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY, jadi saya tidak punya pilihan untuk memberikan cobaan karena saya harus bertemu dengan standar hidup dan membayar utang saya dan memulai bisnis baru. Jadi saya mendapat pinjaman saya dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY tanpa stres, itulah alasan saya memutuskan untuk membagikan kesaksian saya kepada orang-orang yang membutuhkan pinjaman, sehingga mereka tidak akan jatuh di tangan pemberi pinjaman kredit palsu. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. magretspencerloancompany@gmail.com,.
Anda masih bisa menghubungi saya melalui email saya untuk informasi lebih lanjut tentang indriatymanirjo010@gmail.com. Tuhan membantu Anda dan sangat berhati-hati.

Dr Purva Pius mengatakan...

Hello Everybody,
My name is Mrs Sharon Sim. I live in Singapore and i am a happy woman today? and i told my self that any lender that rescue my family from our poor situation, i will refer any person that is looking for loan to him, he gave me happiness to me and my family, i was in need of a loan of S$250,000.00 to start my life all over as i am a single mother with 3 kids I met this honest and GOD fearing man loan lender that help me with a loan of S$250,000.00 SG. Dollar, he is a GOD fearing man, if you are in need of loan and you will pay back the loan please contact him tell him that is Mrs Sharon, that refer you to him. contact Dr Purva Pius,via email:(urgentloan22@gmail.com) Thank you.

BORROWERS APPLICATION DETAILS


1. Name Of Applicant in Full:……..
2. Telephone Numbers:……….
3. Address and Location:…….
4. Amount in request………..
5. Repayment Period:………..
6. Purpose Of Loan………….
7. country…………………
8. phone…………………..
9. occupation………………
10.age/sex…………………
11.Monthly Income…………..
12.Email……………..

Regards.
Managements
Email Kindly Contact: urgentloan22@gmail.com

Dewi Rumapea mengatakan...

Nama saya Dewi Rumapea, saya dari Indonesia, tolong dengarkan, beberapa pemberi pinjaman di sini tidak bersedia untuk membantu Anda, semua yang mereka inginkan adalah untuk merobek Anda uang Anda sulit diperoleh, hal yang paling penting adalah menerapkan untuk perusahaan yang sah.. Suami saya dan saya, mencari pinjaman dari kreditur yang berbeda online tapi pada akhirnya, kami ditipu dan merobek uang kita tanpa mendapatkan pinjaman kami dari perusahaan-perusahaan pinjaman yang berbeda secara.
Kami bahkan meminjam uang untuk membayar pemberi pinjaman ini online tapi pada akhirnya, kita punya apa-apa.
Suami saya dan saya berada di utang, dan kami tidak punya satu untuk lari ke bantuan, bisnis keluarga kami hancur dan kami di mana tidak bisa mendapatkan uang untuk memenuhi biaya sehari-hari sampai kami diperkenalkan kepada Ibu Glory yang membantu kami dengan menawarkan kita jumlah pinjaman tanpa jaminan dari 500 juta tanpa agunan.
Untuk informasi lebih lanjut tentang bagaimana untuk mencapai Ibu. Glory atau mengikuti prosedur pinjamannya, hubungi saya melalui email saya: dewiputeri9@gmail.com
Atau Anda dapat mengirim email ke Ibu Glory ke: gloryloanfirm@gmail.com

Queen Jamillah mengatakan...

Saya sangat bersyukur kepada Nyonya Iskandar Lestari karena telah memberi saya pinjaman sebesar Rp700.000.000,00 saya telah berhutang selama bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan nilai kredit nol Semua menolak saya karena rasio kredit saya yang tinggi dan rendahnya kredit Sejarah ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM di salah satu blog saya menghubungi Ny Iskandar Lestari melalui konsultan kredit via email: iskandalestari.kreditpersatuan @ Gmail.com dengan keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada AWAL 2017 dan semoga ini datang jauh-jauh. Usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan hidup ini yang bisa Anda hubungi Ibu Iskandar.
Melalui email: iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com atau melalui dia
BBM INVITE: {D8980E0B}

Queen Lisa Efendi mengatakan...

saudara-saudara

Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan sulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku
Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkana pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karena dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk membiayai kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu
Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima monney di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman
Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya
ONE BILLION RISING FUND (onebillionrisingfund@gmail.com)
BBM: D8E814FC
Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda
Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda
Gmail saya adalah

Ratu Efendi Lisa
efendiqueenlisa@gmail.com