Rabu, 30 Desember 2015

Tips memasak : Tumis Pare Ikan Asin

Sejak kapan ya saya hobi memasak :-) Saya ingat sekali, suatu hari asisten rumah tangga (ART) yang biasa membantu memasak, berhenti bekerja di tempat saya. Kejadian ini kurang lebih 3 tahun lalu. Bagi saya, ditinggal ART tidak harus menjadi akhir dunia. Justru kita sebagai Ibu bekerja harus mampu survive, salah satunya adalah belajar memasak untuk keluarga. Belajar dari mana saja, dari teman, internet, maupun televisi. Bahkan saya mulai mengembangkan resep sendiri yang disukai keluarga kecil saya, salah satunya resep memasak pare. Inilah titik balik kesukaan saya memasak sampai akhirnya saya mengkategorikan diri "Bisa memasak" :-). Bahkan saya sering membawa bekal ke kantor baik untuk saya sendiri maupun suami.


Sekarang bicara mengenai masakan. Tidak pernah membayangkan saya akan menyukai masakan berbahan utama pare. Dulu itu rasanya pare seperti musuh saya. Tapi setelah membaca manfaat pare untuk kesehatan saya pun belajar menyukai pare dengan membuat resep masakan sendiri. Silakan lihat manfaat pare lebih detail di web ini : http://manfaat.co.id/manfaat-pare.  


Awalnya agak anti dengan rasanya yang masih pahit. Tapi akhirnya saya menemukan cara untuk mengurangi rasa pahitnya hingga 95%. Dengan resep masakan pare saya ini, suami yang awalnya tidak suka pare pun mulai suka, sama seperti saya. Berikut saya ingin berbagi tips memasak pare sekaligus menghilangkan rasa pahitnya.

Bahan Utama  : tauge, pare, ikan asin

Untuk menghilangkan pahit pare, lakukan langkah-langkah ini. Iris 3 buah pare ukuran sedang seperti berikut. Kemudian cuci dengan 1 sendok garam dan air secukupnya lalu remas-remas selama 1 menit, ulangi lagi 3-4 kali. Yang terakhir rendam kurang lebih 5 menit dengan air garam, lalu buang airnya. Tiriskan pare seperti dibawah ini. 

Siapkan bahan utama lainnya seperti ikan asin (bisa teri medan, atau ikan asin ukuran agak besar, bisa juga cumi asin). Ikan  asin dalam resep ini terdiri dari :
- 2 sendok teri medan
- 1 sendok rebon 


Masih ada cara lainnya menghilangkan pahit pare. Teruskan membaca sampai selesai ya :-)

Selanjutkan siapkan bumbu berikut : 
- Lengkuas 2 cm, 1 lembar daun salam,6 siung bawang merah dan 5 siung bawang putih iris halus, 6 cabe rawit atau sesuai selera, garam dan gula sesuai selera.



Langkah selanjutnya, tumis bumbu diatas, kemudian masukkan pare beserta ikan asin yang sudah digoreng hingga kecoklatan.



Langkah berikutnya, ini penting untuk menyeimbangkan rasa. Tambahkan kecap berikut :
- Kecap asin 1 sendok teh
- Kecap manis 2 sendok makan
- Saus Tiram 1 sendok teh
- Saus Teriyaki 1 sendok teh
Sekali lagi, kombinasi kecap ini sesuai selera ya. Kalau tidak terlalu suka manis, kecap manisnya bisa di kurangi. Walaupun di lidah saya, kombinasinya terasa sudah pas. Keseimbangan rasa asin dan manis ini yang membuat pahit pare hampir tidak terasa lagi. Bahkan pare terasa lezat alias nagih hehe :-) 




Nah, setelah kecap ini ditambahkan warna pare pasti berubah kecoklatan. Kira-kira 4 menit sebelum diangkat, tambahkan tauge, supaya pahit pare menyebar ke sayuran ini. Aduk rata sampai warna tauge juga berubah kecoklatan.



Silakan melihat video memasaknya di channel youtube yuyun choiriah berikut ini : https://youtu.be/eyfWKjfpB4k

Selamat mencoba :)












2 komentar:

Ristin mengatakan...

Asik .. pare dan tauge, seger.. kebetulan aku suka pare.. makasih share resepnya Yun :)

Yuyun Choiriah mengatakan...

sama-sama ristin :) bagi juga resep lo dong